Friday, August 14, 2020

Perintah sujud malaikat kepada adam

Makhluk Allah dibedain menjadi dua golongan: 

1. Yang tidak nampak (jinna) 
2. Yang nampak (ingsa) 

Jinna dibagi lagi kedalam 2 golongan: 
1. Malaikat (Cahaya),  lembut,  terangnya karena dari sumber cahaya.  
2. Jin (Nyala api atau Sinar tanpa adap),  sumber cahaya. 

Ingsa (dibagi dua golongan): 
1. Semesta alam. 
2. Manusia. 

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa iblis dulunya adalah dari golongan malaikat yang diberi nafsu oleh Allah atau golongan tentara penjaga surga bersebut Al-Haritz bangsa azazil makhluk jin pertama penghuni Bumi dan mereka sangat taat seperti taatnya para malaikat, maka mereka juga termasuk segolongan dengan malaikat, kala itu. Jadi tua sekali umur bumi ini ya....  
Sebelum penciptaan Adam,  malaikat protes kepada Allah,  kenapa Engkau hendak menciptakan makhluk yang nantinya berbuat kerusakan di bumi? Kata malaikat yang termasuk golongan iblis.  Walhasil Allah sedikit marah dan mengatakan kamu tidak tahu apa yang Aku hendak perbuat dan apa yang Aku ketahui dan akhirnya Allah mencoba memberikan nafsu ke Malaikat dan ternyata malaikat langsung berbuat zina dengan nafsunya itu.  Unsur nafsu ini bisa berunsur api karena sifatnya dan disebutkan sebagai iblis.  Nah dari sinilah awal mula munculnya iblis dari golongan malaikat. Agak ruwet menjelaskannya memang, Iblis itu tadi yang saya sebutkan diatas adalah penjaga surga dulunya termasuk malaikat sedangkan jin adalah makhluk yang penciptaannya dari nyala api.  Itulah mengapa perintah sujud kepada Adam yang maksudnya pembuktian bahwa ruh Allah juga dicipratkan kepada manusia. Dan yang membangkang adalah disebut iblis,  kemudian dia sudah bukan dari golongan malaikat lagi dan bersumpah akan selalu menyesatkan bani Adam karena kesombongannya muncul ketika Allah menciptakan makhluk yang menurut Allah lebih baik tapi tidak menurut iblis. Semua golongan yang diciptakankan dari nyala api tanpa asap ini termasuk golongan dari jin. 
Penghuni surga pertama adalah dari golongan jin yang pertama disebut azazil,  aslinya dahulu bumi ini adalah surga dan menyatu dengan langit. Namun ketika adam melanggar karena tergoda oleh iblis turun exisitensinya menjadi bumi dan langitpun terpisah dengannya.  Dan iblis yang kafir ini juga ikut ke bumi menggoda bani Adam,  makanya ada juga jin muslim yang masih taat kepada Allah dan rasulNya. Golongan jin yang menyimpang adalah iblis dan anggotanya eksis sampai sekarang kebanyakan berusia sangat panjang sesuai dengan kaum nabi dan rasul pada tiap zaman matinya nanti sampai kiamat, Nanti setelah kiamat akan dikembalikan menjadi surga dan bagian bawah nya adalah neraka,  bahan bakarnya api yang panas dari manusia dan batu. 

Itulah sekelumit jawaban kenapa redaksinya seperti ini;
Allah berfirman: 

وَاِذْ قُلْنَا لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ اسْجُدُوْا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوْٓا اِلَّآ اِبْلِيْسَۗ  اَبٰى وَاسْتَكْبَرَۖ وَكَانَ مِنَ الْكٰفِرِيْنَ


Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kamu kepada Adam!" Maka mereka pun sujud kecuali iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri dan ia termasuk golongan yang kafir.

Wallahu a'lam bishowab. 


No comments:

Write komentar