Saturday, April 6, 2019

Tujuan hidup yang sebenar-benarnya?

Hidup artinya tumbuh. Hidup manusia adalah bernyawa dan memiliki ruh atau cipratan sifat Allah dilekatkan pada yang namanya Akal.

Ruh ini disebut pelengkap dari rohani, yaitu berkolaborasinya tiga hal dalam diri manusia. Apa itu? Kolaborasi unsur ruh ini bisa disebut sebagai software, yaitu: Jiwa, Akal dan Rasa. Jika salah satu unsur itu ditiadakan maka manusia akan lepas kendali Dan penyakitnya beragam bisa gila, dungu dan maksiat. Akal itu selalu sehat, kalau tidak sehat namanya bukan akal, jadi jangan mendikotomi kata akal. Hasilnya hanya digital yaitu Benar dan Salah. Makanya sebenarnya tidak boleh diperdebatkan, karena sangat bergantung dari kapasitas otak pemahaman masing-masing individu manusia, letaknya di dapur (private).

Casing manusia adalah jasmani, pelengkapnya adalah nyawa, karena sesuatu yang bernyawa pasti masih hidup. Kesehatan casing atau jasad ini selanjutnya tergantung dari kolaborasi unsur rohani tadi disebutkan di atas.
Casing ini yang merepresentasikan perbuatan manusia. Hasilnya adalah analog yaitu kebaikan, keindahan, kenikmatan. Bisa dinilai dari panca indera manusia yang lain, letaknya di front-office.

Hidup atau tumbuhnya jasad manusia ini memiliki limit di dunia. namun unlimited bersama dengan ruh, karena nanti akan di bawa kembali kepadaNya (sang Pencipta).

Kemudian pertanyaan nya adalah lalu APA tujuan hidup ini?. Dijawablah oleh sang Pencipta melalui human manual book yang kita sebut Al-kitab. Di dalam Al-Quran Surat ke 51 ayat 56:
"Aku (kata Allah) tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk mengabdi kepadaKu." Jadi ya sederhana tujuan hidup seluruh manusia hanya satu yaitu mengabdi kepadaNya. Caranya?

Allah memberikan petunjukNya kepada siapa saja yang dikehendakiNya. Supaya petunjuk itu selalu jatuh kepada Kita, maka kita membutuhkan cara dan alatnya, yaitu GBHM kepanjangannya Garis Besar Haluan Manusia adalah Rukun Iman Dan Rukun Islam.

Cara untuk menggapai tujuan hidup:
1. Beriman kepada Allah
2. Beriman kepada malaikatNya
3. Beriman kepada KitabNya
4. Beriman kepada RasulNya
5. Beriman kepada akheratNya
6. Beriman kepada Qodo (ketetapan Allah dalam lauh mahfudz) defaulted Dan QodarNya detailed to defaulted (Masih bisa di customized). Qodar ini selaras dengan taqwanya manusia.

Alatnya untuk mempresentasikan:
1. BerSyahadat
2. BerSholat
3. BerZakat
4. BerPuasa
5. BerHaji setelah mampu.

Jadi sangat jelaslah apa, bagaimana, mengapa, dimana dan siapa tujuan hidup kita sebagai manusia. Tidak lain hanyalah kembali kepadaNya dengan Khusnul khotimah, innalillahi wa-innailaihi rooji'un.

Selanjutnya adalah bukan kematian manusia, manusia tidak pernah mati, yang mati adalah nyawa, manusia hanya meninggal...😉, To be continued,,,

Tentang meninggalkan sholat..

No comments:

Write komentar